Friday 16 August 2019

Takut Olahraga Outdoor Karena Polusi? Ini Saran Dari Ahli Paru Indonesia



Setiap orang yang melakukan olahraga tentu memiliki tujuan untuk menjadi lebih sehat. Akan tetapi apa jadinya jika berolahraga dilakukan pada saat kualitas udara sedang buruk? Bukannya sehat yang didapatkan, bisa – bisa penyakit malah yang kita dapatkan, terutama yang berkaitan dengan gangguan pernapasan.

Selain bakteri atau virus yang bisa kita sentuh, baik itu dari benda sekitar seperti handle pintu darurat, handphone, alat perlengkapan kantor, ternyata udara yang kita hirup pun bisa memberikan dampak yang tidak baik terhadap kesehatan.

Dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) yang merupakan praktisi kesehatan paru dari PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) mengatakan bahwa sebaikanya yang ingin berolahraga menghindari aktivitas yang berlebih pada saat kualitas udara sedang tidak baik.

Menurut dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), "Olahraga ketika kualitas udara sedang buruk akan meningkatkan jumlah polutan yang masuk ke dalam tubuh.”

Akan tetapi bukan berarti kita berhenti untuk berolahraga karena takut dengan polusi. Dokter Agus mengatakan ada banyak sekali cara untuk tetap berolahraga, seperti olahraga indoor (gym, boxing, muaythai, dll).

Selebihnya bila ingin berolahraga di outdoor, pastikan untuk mengecek Air Quality Indeks (AQI). Pilihlah tempat – tempat yang jumlah polutannya sangat sedikit. Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan masker yang memiliki kemampuan filterisasi yang baik.


No comments:

Post a Comment