Tuesday 31 July 2012

Manfaat Mengkonsumsi Spirulina Sehari-Hari


Spirulina juga disebut sebagai "super Green Food" karena kandungan nutrisinya yang luar biasa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya berguna bagi manusi, spirulina juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan. Di sebagian besar wilayah Amerika Serikat, spirulina diteliti untuk dikembangkan ke laboratorium. Ada beberapa macam spesies spirulina yang berbda-beda, namun hanya didentifikasi pada labekl produk komersial yang tersedia. Diantaranya Spirulina maxima (dikembangkan mexico) dan spirulina plantensis (dikembangkan di California) adalah yang paling populer.

Spirulina memiliki berbagai macam manfaat, dan di bawah ini adalah beberapa manfaat dari spirulina :

  1. Sebagai Suplemen protein
    enam puluh dua persen spirulina terdiri dari asam amino sehinggakaya akan protein dan nutrisi. Spirulina telah digunakan secara tradisional sebagai suplemen alami bagi orang yang tidak dapat memperoleh kalori atau protein yang cukup karena diet atau bagi orang yang membutuhkan nutrisi lebih seperti atlet.
  2. Mengatasi anemia
    Spirulina juga bisa menetralkan jumlah0jumlah sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin. Selain itu, memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh serta mengurangu efek samping terhambatnya prooduksi sistem sel-sel penghasil sel darah. Pada percobaan terhadap hewan, terlihat bahwa spirulina meningkatkan hematopoiesis yakni pemberntukan sel darah merah. Itu diyakini karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya.
  3. Mengatasi Alergi
    Spirulina juga dapat melawan reaksi alerdi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.
  4. Mengatasi Infeksi
    Spirulina memiliki kemampuan menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus, dan virus HIV
  5. Mengatasi kerusakan lever
    Spirulina bisa membantu melawan perusakan lever dan cirrhosis (gagal lever) pada hepatitis kronis
  6. Mengurangi efek kemoterapi
    Spirulina dapat mengurangi efek yang tidak baik dari kemoterapi, seperti kepala pusing, tidak nafsu makan, sukar tidur, mual muntah, tenggorokan kering.


No comments:

Post a Comment