Tuesday 31 July 2012

Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa


Puasa di bulan suci ramadhan secara umum berdampak positif bagi kesehatan. Namun tidak jarang tubuh tetap terasa lemah bahkan hingga jatuh sakit karena dipaksa untuk terus beraktivitas seperti biasanya sementara makan dan minum di hentikan karena ibadah puasa.

Faktanya, meski sedang puasa dan tetap menjalani aktivitas kantor seharian, kesehatan itu tetap perlu anda jaga. Tetunya anda tidak ingin bukan apabila ibadah puasa anda terganggu karena tubuh anda yang tidak sehat. Mari kita simak tips untuk menjaga kesehatan tersebut.

1.Makan Buah-Buahan Saat Sahur
Sebaiknya Anda jangan meninggalkan buah-buahan sebagai asupan vitamin. Makanlah disaat sahur beserta sumber karbohidrat seperti nasi dan umbi-umbian. Jenis makanan ini akan bertahan hingga berbuka puasa. Mengkonsumsi beberapa multi vitamin dari bahan spirulina juga dapat membantu aktivitas anda saat puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

2. Tetap Makan Tiga Kali Sehari.
Puasa memang dimulai dari matahari terbit hingga terbenam. Namun, Anda masih bisa menerapkan pola makan tiga kali sehari. Pertama saat bersahur, kedua ketika berbuka, dan terakhir sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

3.Minum yang cukup
Selama bulan puasa, memang kita di tuntut untuk berpuasa secara penuh dan memungkinkan bagi kita untuk terkena dehidrasi. Maka setelah berbuka puasa anda harus minum dalam jumlah yang banyak. Pada saat sahur pun anda harus tetap minum. Kebutuhan hidraasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

4. Monitor Gula.
Bagi penderita diabetes, wajib secara teratur mengontrol gula darah, minum air yang cukup, serta jangan makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

5.Hindari Makan Terlalu Banyak
banyak orang yang ketika berbuka puasa selalu menyiapkan makanan yang banyak. padahal seharusnya puasa tidak identik dengan makan yang berlebihan. Bukan cuma mengganggu tubuh, makan berlebihan akan berdampak ngantuk saat shalat tarawih.

No comments:

Post a Comment