Thursday 15 August 2019

Pernah Merasakan Gatal - Gatal? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya !



Apakah Anda pernah mengalami gejala gatal – gatal pada kulit? Hal tersebut bisa saja adalah eksim. Salah satu jenis eksim yang paling sering terjadi adalah eksim atopik, yang dikenal juga dengan istilah dermatitis atopik.

Gejala gatal – gatal dapat bermula karena alergi terhadap sesuatu, digigit binatang ataupun karena lingkungan rumah kotor. Maka tidak heran perumahan sekarang dilengkapi dengan penutup celah pintu untuk meminimalisir debu yang masuk kerumah dan juga mencegah serangga untuk masuk ke dalam rumah.

Gejala eksim atopik bermula dengan kulit yang gatal bahkan iritasi. Meski mirip dengan reaksi alergi, namun eksim atopik sangatlah beda. Selain faktor lingkungan, faktor keturunan juga dapat menjadi pemicu. Gejala eksim atopik sering kali menyerang anak – anak.

Mungkin banyak beredar kabar bahwa eksim dapat menular ke seseorang yang tinggal dilingkungan yang sama atau hanya dapat dialami oleh orang – orang yang tinggal di lingkungan yang kurang bersih. Kabar tersebut tidaklah benar.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai eksim yang sebaiknya kita ketahui dan dapat menanganinya :
1. Eksim dapat disebabkan oleh faktor keturunan
Orang yang mengalami gejala eksim pada umumnya memiliki anggota keluarga yang memiliki penyakit yang sama. Hal tersebut dapat menjelaskan bahwa faktor genetik dapat menjadi salah satu penyebab seseorang bisa mengalami gejala eksim. Selain itu, bila yang alami, segeralah mengatasinya, karena dapat menyebabkan asma atau alergi bertambah parah saat bertambah besar.

2. Eksim tidak menular
Hal ini sering banget didengar dilingkungan sekitar, bahwa gejala eksim dapat menular satu sama lain. Kabar tersebut tidaklah benar. Karena jika mengalami eksim tiba – tiba, bisa dipastikan itu bukanlah karena tertular.

3. Lingkungan yang Kotor Bukan Penyebab
Lingkungan yang tidak bersih sering kali disebut sebagai penyebab seseorang mengalami gejala eksim, padahal faktanya gejala eksim terjadi karena adanya zat – zat kimia yang terkena kulit tanpa disadari, seperti deterjen, sabun atau pewangi.

Setelah mengetahui fakta – fakta dari gejala eksim ini, ada beberapa langkah untuk mengatasinya. Antara lain adalah dengan mandi dan juga mengoleskan minyak alami sebagai pelembab.


No comments:

Post a Comment