Monday 6 August 2012

Cara Mengetahui Gejala Penyakit Radang Paru-Paru


Radang paru-paru atau biasa disebut dengan pneumonia adalah penyakit akibat infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru. Penyakit ini tergolong sangat mudah menular dan dapat menyerang siapa saja tidak kenal usia, dan jenis kelamin. Penularannya dapat melalui air liur atau cairan yang keluar dari hidung penderita, termasuk saat penderita batuk atau bersin, atau melalui alat makan-minum & sapu tangan secara bersama-sama. Dan parahnya lagi, jika penyakit ini tidak ditangani dengan baik dapat berakibat fatal yaitu kematian. Radang paru-paru sebetulnya adalah semua jenis infeksi yang menyerang paru-paru yang diakibatkan oleh berbagai macam kuman. Penyakit ini dapat didahului oleh infeksi hidung & tenggorokan lalu menyerang ke paru-paru beberapa hari setelahnya. Nah, untuk mengetahui apa itu penyakit radang paru-paru atau pneumonia, apa saja gejalanya? berikut penjelasannya.

Gejala dan tanda klinis pneumonia tergantung dari kuman penyebab, usia pasien, sistem imunologis pasien, dan beratnya penyakit. Gejala-gejala umum yang sering ditemui adalah demam, menggigill, batuk berdahak , nafas cepat, nafas dengan suara mengorok, sesak nafas yang disertai gerakan dada yang tidak normal, muntah, rasa nyeri pada dada, nafsu makan menurun, dari bibir hingga ujung jari kebiruan, dan nyeri pada perut.

Radang akibat bakteri biasanya menimbulkan gejala-gejala seperti gemetar, demam tinggi, berkeringat, nyeri dada, dan batuk hingga mengeluarkan lendir berwarna kehijauan atau kuning. Radang akibat virus menimbulkan gejala-gejala berupa batuk, sakit kepala, demam, nyeri otot dan lelah. Jika semakin parah biasanya disertai juga dengan kesulitan bernafas serta batuk berlendir, yang kemudian memicu juga munculnya radang lanjutan akibat disertai dengan kesulitan bernafas serta batuk berlendir, yang kemudian memicu juga munculnya radang lanjutan akibat serangan bakteri. Radang akibat mikroplasma menyebabkan munculnya gejala-gejala yang juga mirip dengan radang akibaat virus atau bakteri. Namun yang membedakannya si penderita tidak merasa sakit dan memerlukan istirahat ditempat tidur. Jenis radang paru-paru yang satu ini lebih banyak menyerang anak-anak serta orang dewasa muda. Radang akibat parasit menyebabkan batuk yang tak sembuh-sembuh, demam, serta kesulitan bernafas. Nah, seluruh penyebab radang itu bisa masuk ke tubuh manusia dari berbagai sumber. Saat di sekolah, kantor dan saat daya tahan tubuh kita melemah. Selain itu, bisa juga saat benda asing masuk ke paru-paru, misalnya saat isi perut masuk ke paru-paru ketika sedang muntah.

No comments:

Post a Comment