Thursday 7 April 2016

Whatsapp Kini 100% Jadi Aplikasi Pesan Singkat Anti-Sadap

Aplikasi pesan, Whatsapp baru – baru ini menyatakan bahwa layanan pesan singkat miliknya kini telah menjadi paling teraman di bandingkan dengan aplikasi pesan singkat yang lainnya. Perusahaan yang telah di akuisisi Facebook tersebut menyatakan bahwa setiap pesan yang ada di jaringannya -kini telah berstatus anti-sadap.

Dengan status tersebut, artinya kini pesan Whatsapp hanya akan dapat di baca oleh sang pengirim dan juga si penerima. Pihak selain, pembaca dan penerima tidak akan dapat melihat isi pesan tersebut, sekalipun oleh pihak Whatsapp itu sendiri.

Enkripsi ini sudah mulai berlaku untuk semua platfrom, mulai dari Blackberry 10, Windows Phone, Android, iOS, dan juga sistem operasi Nokia S40.

"Mulai saat ini, saat Anda dan kontak menggunakan versi terbaru dari aplikasi, setiap telepon yang dibuat, dan setiap pesan, foto, video, file, dan pesan suara yang dikirimkan, telah dienkripsi secara keseluruhan, termasuk group chat,” ungkap Jan Koum & Brian Acton selaku pendiri Whatsapp melalui blog resmi perusahaan.

Di tahun 2014, Whatsapp sebenarnya sudah menggunakan sistem enkripsi. Akan tetapi sistem tersebut masih sebatas keamanan pada pengiriman pesan teks. Pengiriman pesan berupa foto, video, dll dan juga pengiriman pesan pada grup masih belum di enkripsi.


Ternyata dalam proses pembuatan sistem enkripsi, perusahaan ini mengalami sedikit kesulitan karena proses tersebut harus bisa digunakan di berbagai platfrom dan juga di gunakan oleh lebih dari 1 milliar pengguna.


Menurut pengakuan Koum, kesulitan yang di alami adalah membuat sistem enkripsi video antar platfrom. Karena masalah tersebut, Whatsapp hingga rela mengundurkan pengumuman enkripsi ini hingga pada tanggal 5 April kemarin. Padahal, semua proses yang telah di lakukan sudah hampir selesai pada pertengahan bulan Desember 2015 lalu.

wah - wah bakal ngerasa makin nyaman saja nih buat chatting melalui Whatsapp, apalagi ketika memberikan tips - tips seperti tips kursus sulam alis yang tidak ingin di ketahui oleh banyak orang :D

No comments:

Post a Comment